Kamis, 07 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS VII SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


Sekolah                                    : SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran             : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas / Semester          : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 X 40 Menit ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetensi     : 1.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa  terapan daerah setempat .

A . TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Mendefinisikan pengertian seni
2. Menyebutkan empat cabang seni
3. Menyebutkan fungsi seni
4. Mendefinisikan pengertian seni
5. Menyebutkan tujuh unsur seni rupa
6. Menjelaskan konsep prinsip seni rupa
7. Menyebutkan tiga jenis karya seni rupa daerah (Jawa Tengah)
8. Menjelaskan fungsi dan makna karya seni rupa daerah (Jawa Tengah)

Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B . MATERI POKOK
1. Konsep seni , empat cabang seni , fungsi seni, konsep seni rupa terapan daerah ,
    unsur seni rupa, dan prinsip seni rupa .
2. Beragam jenis, fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah

C. METODE PEMBELAJARAN  ;
Pendekatan kontekstual, diskusi , tanya jawab dan tugas

D . LANGKAH LANGKAH KEGITAN PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi         :
Menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
-  Motivasi           :
Tanya jawab dengan siswa terkait dengan materi , konsep seni , dan menyampaikan manfaat pembelajaran
2 . Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik membaca buku referensi tentang seni rupa terapan daerah
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik membentuk kelompok
F  Peserta didik membuat synopsis tentang konsep seni , cabang seni , fungsi
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang seni rupa terapan daerah
F  Pembahasan seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E .SUMBER BELAJAR
1.  Buku teks Seni Budaya .
2.  Gambar karya seni rupa terapan daerah





F . PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
·     Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.

Tes tertulis





Tes Uraian



·     Berikan  5 contoh hasil karya seni rupa terapan dan 5 contoh hasil karya seni rupa murni yang ada di daerahmua.
·     Masing-masing contoh berikan penjelasan tentang bahan, fungsi, teknik pembuatan dan maknanya
·     Jelaskan pengertian seni!
·     Sebutkan empat cabang seni!
·     Sebutkan fungsi seni!
·     Jelaskan pengertian seni rupa terapan daerah!
·     Sebutkan tujuh unsur seni rupa!
·     Jelaskan konsep prinsip seni rupa!
·     Sebutkan dua jenis karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
·     Jelaskan fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!





Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP


SEKOLAH                               :  SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
MATA PELAJARAN               :  Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                :  VII / I
ALOKASI WAKTU                 :  4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI      : 1.   Mengapresiasi karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan
                                                        dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
pertemuan 1 dan 2
1.      Membuat kliping karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah
2.      Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     MATERI POKOK
Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat (JawaTengah)
  1. Keunikan gagasan
  2. Teknik pembuatan karya seni rupa
  3. Pembuatan kliping seni rupa terapan daerah

C.     METODE PEMBELAJARAN
Ø  Pendekatan CTL:
Ø  tanya jawab,
Ø  diskusi,
Ø  dan pemberian tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
pertemuan 1 dan 2

1. Pendahuluan

- Apersepsi  dan Motivasi  :
Ø  Guru menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
oleh siswa
Ø  Guru menyampaikan apersepsi tentang seni rupa terapan
Ø  Guru memberi motivasi tentang apresiasi seni rupa

2. Kegiatan Inti

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melihat tayangan proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Siswa membentuk kelompok menjadi 8 kelompok.
F  Diskusi kelompok tentang proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
F  Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Guru memberi tugas pembuatan kliping

E. SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Buku teks Seni Budaya
2.      Gambar karya seni rupa terapan : kria dan desain.

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
·     Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat

Tes praktik/ kinerja


Tes iden-     tifikasi

·     Presentasikan hasil diskusi kelompokmu berupa   tanggapan tentang keunikan gagasan ,teknik seni rupa terapan daerahmu
·     Buatlah kliping karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
·     Buatlah tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan  karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!





Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011









RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

(RPP)


SEKOLAH                               :  SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
MATA PELAJARAN               : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                : VII/1
ALOKASI WAKTU                 : 4 X 40 Menit ( 2 x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI      : 2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 2.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan
                                                        Tiga dimensi dari daerah setempat

A.  TUJUAN  PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
Pertemuan 1 & 2
1.      Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis
2.  Membuat sketsa  benda kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
3.  Membuat sketsa  benda silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
4.  Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
  dimensi daerah (Jawa Tengah)
5.  Membuat gambar bentuk silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
      dimensi daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK             :
  1. Konsep menggambar bentuk
  2. Bentuk kubistis dan silindris
  3. Teknik menggambar bentuk
  4. Prinsip-prinsip menggambar bentuk
  5. Langkah-langkah menggambar bentuk

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL: demonstrasi, pemberian tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1 & 2
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
·         Penyampaian informasi tentang kompetensi dasar
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi   yang akan diajarkan.
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga  dimensi daerah
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Siswa berlatih membuat macam-macam teknik menggambar bentuk
F  Siswa membuat sketsa  benda kubistis dan silindris
F  Guru mendemonstrasikan menggambar bentuk dengan pendekatan model
F  Siswa membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. SUMBER BELAJAR         :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
·   Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat



Tes praktik/ kinerja





 Uji Petik Kerja





·         Gambarlah sebuah benda kubistis yang  tingginya melebihi tinggi mata  dan sebuah benda silindris yang tingginya setengah tinggi mata , keduanya dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi daerahmu



Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan bentuk










Ketepatan gelap terang










Penguasaan teknik
























Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003


Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011



RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

(RPP)


SEKOLAH                               :  SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
MATA PELAJARAN               : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                : VII/1
ALOKASI WAKTU                 : 2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI      : 2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 2.2  Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik
                                                         dan corak daerah setempat


A.  TUJUAN  PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1.      Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis
2.      Membuat sketsa  benda kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
3.      Membuat sketsa  benda silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
4.      Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
5.      dimensi daerah (Jawa Tengah)
6.      Membuat gambar bentuk silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
7.      dimensi daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK :
1.      Konsep menggambar bentuk
2.      Bentuk kubistis dan silindris
3.      Teknik menggambar bentuk
4.      Prinsip-prinsip menggambar bentuk
5.      Langkah-langkah menggambar bentuk

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL: demonstrasi, pemberian tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
·         Penyampaian informasi tentang kompetensi dasar
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi   yang akan diajarkan.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Siswa berlatih membuat macam-macam teknik menggambar bentuk
F  Siswa membuat sketsa  benda kubistis dan silindris
F  Guru mendemonstrasikan menggambar bentuk dengan pendekatan model

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. SUMBER BELAJAR         :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
·   Menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda pakai


Tes praktik/ kinerja


Uji Petik Kerja


·   Buatlah desain keramik benda pakai dengan teknik dan corak daerah Jawa Tengah!
·   Buatlah desain keramik benda hias dengan teknik dan corak daerah Jawa Tengah!
·   Gambarlah benda kubistis dan silindris yang ada di depan kelas dengan teknik arsir!



Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan bentuk










Ketepatan gelap terang










Penguasaan teknik
























Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003


Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011
                                               


RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

(RPP)


SEKOLAH                               : SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
MATA PELAJARAN               : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                : VII/1
ALOKASI WAKTU                 : 6 X 40 Menit ( 3x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI      : 2.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR           : 2.3  Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat


A.  TUJUAN  PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
Pertemuan 1-2-3
1.      Membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
2.      Membuat  hiasan pada benda pakai.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK :
1.      Teknik-teknik pembuatan benda pakai
2.      Corak-corak ragam hias daerah setempat

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL: demonstrasi, pemberian tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1-2-3
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
·         Penyampaian informasi tentang kompetensi dasar
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi   yang akan diajarkan.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru mendemonstrasikan menggambar bentuk dengan pendekatan model
F  Siswa membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa       terapan daerah (Jawa Tengah)
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Siswa berlatih membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
F  Siswa membuat hiasan pada benda pakai.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. SUMBER BELAJAR :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik  seni kriya daerah setempat.
·   Membuat  hiasan pada benda pakai dengan  corak seni rupa daerah setempat

Tes praktik/ kinerja

Uji Petik Kerja

·   Buatlah desain keramik benda pakai dengan teknik dan corak daerah Jawa Tengah!
·   Buatlah desain keramik benda hias dengan teknik dan corak daerah Jawa Tengah!
·   Gambarlah benda kubistis dan silindris yang ada di depan kelas dengan teknik arsir!


Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan bentuk





Ketepatan gelap terang





Penguasaan teknik












Keterangan
1 = sangat kurang   2 = kurang
3 = cukup                4 = baik
5 = sangat baik


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011
                                               



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
Kelas                                   : VII
Mata Pelajaran                   : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                              : 1 ( satu )
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit

Standar kompetensi
:
3.   Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
3.1.Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.      Menyebutkan lagu etnik daerah setempat.
2.      Menyebutkan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo, nada, dinamika lagu etnik daerah setempat.
3.      Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah lagu“Lir-ilir“.
4.      Menyajikan lagu etnik daerah setempat Jawa tengah, lagu “Lir-ilir“.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     MATERI AJAR
1.      Musik Daerah .

C.     METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.

D.     LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah setempat.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendengarkan lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
F  Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik daerah setempat.
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/ SUMBER BELAJAR
-       Buku “Seni Budaya
-       Lagu dareah “Lir - ilir”
-       VCD/CD/kaset, Guru.

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mengidentifikasi jenis lagu   daerah setempat
·     Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan
·     Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat
Tes
lisan




Daftar pertanyaan






·   Sebutkan jenis lagu yang diperdengarkan
·   Sebutkan alat musik yang mengiringi lagu
·   Sebutkan  elemen-elemen musik yang terdapat pada lagu yang diperdengarkan


FORMAT PENILAIAN
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1
2
2
2
2
2
1
2
2
1
3
2
2
2
2
4
2
2
2
2
5
1
2
2
1

8
10
10
8


Keterangan : Nilai tiap soal   = a/b x c
                     Skor butir soal = 8/10x100% = 8
                      Jadi nilai siswa dalam indikator ini adalah 8




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011

                                                                                                                                         





RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
3.  Mengapresiasikan  karya seni Musik.
Kompetensi dasar
:
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat. 

1.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa dapat:
§  Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan ( Lagu “Cublak – Cublak Suweng”).
§  Menyebutkan elemen- elemen musik : irama, tempo, nada, dinamika dan dari lagu daerah setempat ( yang diperdengarkan )
§  Menyebutkan keunikan-keunikan lagu daerah yang diperdengarkan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

2.      MATERI AJAR
1. Musik Daerah.

3.      METODE
Model Pendekatan Ctl dan Lifeskill

4.      LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan. 

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memberikan tanggapan pribadi tentang keunikan lagu Jaranan. 
F  Mendengarkan Lagu “Cublak-Cublak Suweng” melalui Kaset/ VCD
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan tentan elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

5.      Alat / SUMBER BELAJAR
1.      Buku „Seni Budaya .
2.      Kaset /VCD / Tape Rekorder.
3.      Lagu „Cublak-cublak Suweng“

6.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu  daerah setempat
·     Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan  lagu POP daerah setempat

Tes tertulis

Tes uraian

·   Tuliskan   tentang keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat
·   Jelaskan perbedaan keunikan lagu POP daerah serta lagu etnik daerah setempat


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran
:
Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas / Semester
:
VII / I
Alokasi Waktu
:
6 x 40 menit ( 3x pertemuan )
Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni 
Kompetensi dasar
:
4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Pertemuan 1-2 & 3
§  Menuliskan pola irama lagu model “Gambang Suling“.
§  Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu “Gambang Suling“

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
a. Musik Daerah
b. Berkarya Musik

C.     Metode
Model Pendekatan CTL dan Lifeskill

D.     Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1-2 & 3
a.  Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.

b.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru menyanyikan lagu model “Gambang Suling“
F  Menerangkan aransemen musik
F  Menerangkan pembagian alat musik pada ansamble musik
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan tentang elemen musik yaitu irama
F  Menerangkan pola irama
F  Bersama siswa merasakan pola irama dengan tepukan
F  Membentuk kelompok diskusi
F  Mendiskusikan pola irama “Gambang Suling“ bersama kelompoknya
F  Mendiskusikan / membuat aransemen lagu “Gambang Suling“ bersama kelompoknya.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Sumber Belajar
- Buku “Seni Budaya .
- Lagu-lagu etnik daerah
- DVCD/cassette/guru.

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  menyanyikan lagu daerah setempat
Ü  Menjelaskan prosedur mengaransir lagu
Ü   mengaransir secara sederhana dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
Ü  Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
Ü  Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir

Tes praktik/ Kinerja







Tes Uji kerja








ÜNyanyikan lagu daerah setempat dengan benar
ÜSebutkan cara mengaransir lagu
Ü Buatlah aransemen     sederhana dari lagu    yang diperdengarkan
ÜSebutkan 3 contoh lagu daerah Jawa Tengah
ÜApa yang dimaksud pola irama?
ÜTuliskan pola irama lagu “Gambang Suling“!
ÜApa yang dimaksud aransemen?
ÜSebutkan bagian-bagian  dalam penyajian musik !



Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

2
2

2

2
2

3

2
2

4

2
2

5

2
2










Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                         : SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
Mata Pelajaran                              : Seni Budaya
Kelas/Semester                             : VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu                              : 4 x 40 menit  ( 2x pertertemuan )

Standar kompetensi
:
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat.

A.     Tujuan Pembelajaran
1.      Mendengarkan etnik setempat
2.      Membaca notasi karya lagu etnik setempat.
3.      Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat.
4.      Menyajikan hasil aransemen secara sederhana

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
a. Praktek Musik
b. Berkarya Musik

C.     Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life Skill..

D.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
1.      Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
peserta didik melakukan tanya jawab sekitar materi pembelajaran. 

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengaransir secara sederhana dengan memberikan melodi kedua dari lagu etnik setempat.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Menuliskan pola irama lagu etnik setempat. (Gambang Suling)
F  Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara perorangan atau kelompok.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     Alat/Sumber Belajar
F  Audio visual / pertunjukan musik daerah.
F  Buku teks
F  Alat musik

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat  secara perorangan atau kelompok
Ü  Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat musik
Tes praktik/ Kinerja

Tes Uji kerja

ÜTampilkan lagu hasil      aransemen secara  kelompok

ÜTampilkan lagu hasil    aransemen secara perorangan

Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Tinggi rendah not





2
Panjang pendek not





3
Ketepatan kebutuhan





4
Kelancaran






Jumlah






Keterangan :    1 = sangat kurang                     4 = baik
2 = kurang                               5 = sangat baik
3 = cukup       




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 

Sekolah                                    : SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester          : VII / 1
Standar Kompetensi     : 5.    Mengapresiasi Karya Seni Tari
Kompetensi Dasar       : 5.1. Mengidentifikasi jenis karya seniTari  tunggal daerah
                                                setempat
      Alokasi Waktu             : 4 Jam Pelajaran ( 2x pertemuan )      
                 

A.     Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menjelakan pengertian seni tari
2.      Siswa dapat menyebutkan 4 jenis ragam tari tunggal daerah setempat
3.      Menyebutkan 3 fungsi tari
4.      Menyebutkan bentuk penyajian seni tari
5.      Menyebutkan jenis tari tunggal

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Pembelajaran

·         Tari tunggal daerah setempat

C.     Metode Pembelajaran

·         Pendekatan CTL, life skill

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua :
a)      Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi  dan Motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi da apresiasi   
 
b)      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku referensi tentang tari tunggal
F  Menyaksikan tari tunggal secara langsung melalui audio visual

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan ragam gerak tari Gambyong Banyamusan dan fungsi tari tunggal daerah setempat
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c)      Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;



E.     Alat dan Sumber Belajar

·         Buku Referensi,Rekaman audio, guru/model
·         Diskripsi tari tunggal daerah setempat

 

F.      Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasikan jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
Ü  Mengungkapkan kesan secara lisan tentang keuni
Ü  kan seni  tari tunggal daerah setempat
Ü  Menyebutkan fungsi tari tunggal dalam masyarakat daerah setempat
Ü  Membuat tanggapan tertulis tentang jenis karya seni tari tunggal daerah setempat

Tes
Tertulis





Penugasan Indivudual/ kelompok
Isian Singkat


Uraian


Pekerjaan Rumah
Ü Jelaskan Pengertian Seni Tari
Ü Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur keindahan seni tari
Ü Sebutkan jenis-jenis Tari Tunggal daerah setempat yang kamu ketahui
Ü Jelaskan fungsi Tari Tunggal daerah setempat
Ü Buatlah Kliping tentang tari tunggal daerah setempat

1.      Format Penilaian
No.
Skor Perolehan
Skor Maksimal
Bobot Soal
Nilai Tiap Soal
1
2
3
4

2
2
3
3
2
2
3
3




10



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    :  SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester          : VII / 1
Standar Kompetensi     : 5.    Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar       : 5.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  tari
                                                tunggal  daerah setempat
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
                       

A.     Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu menyebutkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
2.      Siswa menyimpulkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
3.      Siswa mampu membuat ragam gerak tari tunggal daerah setempat
4.      Siswa mampu menampilkan tari tunggal daerah setempat

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Pembelajaran

·         Tari tunggal dari daerah setempat

C.     Metode Pembelajaran

·         Pendekatan CTL, life skill ,model, diskusi,ceramah

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø       Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyaksikan, mengamati ragam gerak tari tunggal daerah setempat
F  Mengamati ragam gerak tari tunggal sesuai fungsinya secara langsung melalui audio visual
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan ragam gerak tari tunggal dari daearh setempat
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Ø  Membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok tentang ragam gerak tari tunggal sesuai fungsinya dari daearh setempat

E.     Alat dan Sumber Belajar

·                                 Buku Referensi,Rekaman audio, guru/model

F.      Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan beragam bentuk Tari Tunggal daerah setempat
Ü  Menyebutkan nama-nama tari tunggal daerah setempat
Ü  Menyebutkan unsur-unsur Tari Tunggal daerah setempat

Tes praktik/ kinerja

Penuga- san kelompok


Tes Identifikasi


Pekerjaan Rumah
Ü  Presentasikan hasil diskusi dan buatlah tanggapan tertulis tentang tari tunggal daerah setempat yang telah kalian saksikan
Ü  Pelajarilah salah satu bentuk tari tunggal daerah setempat secara berkelompok



Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    :  SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester          : VII / 1
Standar Kompetensi     : 6.   Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar       : 6.1 Mengekplorasi pola lantai gerak tari tunggal  daerah setempat
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )                     
           

A. Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu membuat beragam pola lantai berdasarkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
2.      Siswa mampu memperagakankan pola lantai gerak tari tunggal daerah setempat

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran

·         Tari tunggal dari daerah setempat

C. Metode Pembelajaran

·         Pendekatan CTL, life skill,diskusi,demontrasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi    

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyaksikan, mengamati ragam gerak tari tunggal daerah setempat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mendiskusikan ragam gerak tari tunggal dari daerah setempat
F  Membuat gambar pola lantai gerak tari tunggal dari daerah setempat
F  Latihan tari sesuai pola lantai gerak tari tunggal dari daerah setempat
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok tentang ragam gerak tari tunggal sesuai fungsinya dari daearh setempat

E. Alat dan Sumber Belajar

·         Buku Referensi,Rekaman audio, guru/model

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

Ü  Mencari bentuk pola lantai Tari Tunggal daerah setempat

Ü  Menemukan pola lantai gerak berdasarkan ragam gerak tari tunggal  daerah setempat



Tes praktik/ kinerja






Tes Uji Kerja







Ü  Carilah pola lantai yang sesuai untuk susunan ragam tari tunggal daerah setempat yang telah kalian pelajari




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 10 Padangsidimpuan




H. MUSLIM ASYHARI, S.Pd
           NIP : 19620912 19900003 1 003

Padangsidimpuan,       Juli 2012
Guru Mapel SBK.




MARGANDA DODI, S.Pd
NIP : 19840316 201001 1 011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar